About Us

INFO

Sejarah Kampus

  • Ditulis oleh Web Master
  • 2 Dec 2013 - 22:09 WIB

Politeknik STMI merupakan salah satu pendidikan vokasi yang mengemban kepercayaan mewujudkan fungsi dan tujuan pendidikan nasional berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, Melalui pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Bahwa Tridharma Perguruan Tinggi di Politeknik STMI menjadi landasan bagi mencari kebenaran ilmiah dan merupakan bagian integral dari amanah Undang-undang Dasar 1945 dalam upaya mewujudkan masyarakat adil dan makmur berdasarkan pancasila.

Dalam mengemban kepercayaan tersebut diperlukan otonomi dalam pengolaan pendidikan formal yang vokasional dengan menerapkan mekanisme otonomi perguruan tinggi pada pendidikan tinggi yang tercantum di dalam Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Politeknik STMI merupakan wahana untuk mencari kebenaran ilmiah, memperluas dan memperdalam ilmu pengetahuan dalam upaya mewujudkan tujuan pendidikan nasional dan pembentukan insan Politeknik STMI akademis seutuhnya. Dalam mewujudkan upaya tersebut maka unsur-unsur sivitas akademika Politeknik STMI berkewajiban menciptakan suasana kehidupan yang kondusif bagi pengemban tridharma perguruan tinggi, dinamika pengetahuan yang berkelanjutan, Adaptif terhadap perkembangan teknologi dan peka terhadap tuntutan akademis yang lebih maju.

Lulusan Politeknik STMI adalah insan akademis yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berdisiplin, berilmu, mandiri, mampu mengembang nalar dan memiliki rasa tanggung jawab kebangsaan.

Latar Belakang
Politeknik STMI adalah salah satu lembaga perguruan tinggi dibawah binaan Kementerian Perindustrian RI, yang pendiriannya ditetapkan dengan Surat Keputusan Menteri Perindustrian Nomor : 239/M/SK/1975 Tahun 1975. Pada mulanya sekolah ini menyelenggarakan pendidikan pada jenjang Strata Sarjana dengan Gelar M.Sc (Master Of Science) Untuk lulusannya. Adapun mahasiswanya berasal dari lulusan sarjana muda dari latar belakang pendidikan teknik dan manajemen.

Sejak tahun 1981 progam pendidikan di Politeknik STMI diubah menjadi progam diploma yang ditetapkan dengan Surat Keputusan Bersama (SKB) antara Menteri Perindustrian Nomor : 237/M/SK/VI/1981 dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor : 0184/O/1981, Tertanggal 6 Juni 1981. Sejak saat Itu Politeknik STMI menyelenggarakan pendidikan Progam Studi Diploma IV memiliki tiga jurusan, yaitu:

1.     Teknik dan Manajemen Industri

2.     Teknik dan Manajemen Informatika

3.     Teknik Kimia Industri

Kemudian pada tahun 2007 jurusan di Politeknik STMI berubah dan bertambah menjadi:

1.      Teknik dan Manajemen Industri

2.      Sistem Informasi Industri

3.      Teknik Kimia Industri

4.      Manajemen Bisnis Industri

Berdasarkan Peraturan Menteri Perindustrian No. 01/M-IND/PER/1/2015, nama Sekolah Tinggi Manajemen Industri (STMI) berubah menjadi Politeknik STMI Jakarta, Nama jurusan pun ikut berubah sesuai dengan nama Politeknik  STMI, yaitu menjadi:

1.      Teknik Industri Otomotif (TIO)

2.      Sistem Informasi Industri Otomotif (SIIO)

3.      Administrasi Bisnis Otomotif (ABO)

4.      Teknik Kimia Polimer (TKP)

Berita UKM

Berita Kampus

Kalender Akademik

Pamflet Event Kampus

  • Pemilihan Presma Wapresma 2015
Scroll