About Us

INFO

Akademik

  • Ditulis oleh Web Master
  • 2 Dec 2013 - 22:06 WIB

Program Pendidikan Vokasional yang diselenggarakan oleh Politeknik STMI adalah sebagai berikut:

1.     Program Studi Teknik Industri Otomotif (TIO)

2.     Program Studi Sistem Informasi Industri Otomotif (SIIO)

3.     Program Studi Teknik Kimia Polimer (TKP)

4.     Program Studi Administrasi Bisnis Otomotif (ABO)

Kompetensi umum:

Memiliki kemampuan untuk merencanakan, melaksanakan dan mengendalikan penggunaan sumber daya, baik manusia, mesin/peralatan, metode, material, modal, energi, informasi, dan lain-lain, untuk mencapai sasaran unit produksi.

Kompetensi khusus:

  1. Analytical Competences: Kemampuan untuk mengenali permasalahan yang sering terjadi dalam sistem industri, serta memilah-milah permasalahan tersebut menjadi permasalahan yang lebih kecil dan sederhana.
  2. Management Tools Competences: Kemampuan untuk memilih dan menerapkan metode dan pendekatan manajemen berbasis teknik yang tepat, sesuai dengan permasalahan yang dihadapi.
  3. Management Function Competences: Kemampuan untuk mengenali, memahami permasalahan-permasalahan yang muncul dalam fungsi-fungsi dasar manajemen
  4. Practical Application: Kemampuan untuk menerapkan teori manajemen berbasis teknik dan pendekatan kuantitatif yang dipelajari dalam permasalahan nyata yang dihadapi sebagai perwujudan dari problem solving.


Latar Belakang

Politeknik STMI adalah salah satu lembaga perguruan tinggi dibawah binaan Kementerian Perindustrian RI, yang pendiriannya ditetapkan dengan surat Keputusan Menteri Perindustrian Nomor : 239/M/SK/1975 Tahun 1975. Pada mulanya sekolah ini menyelenggarakan pendidikan pada jenjang strata sarjana dengan gelar M.Sc (Master of Science ) untuk lulusannya. Adapun mahasiswanya berasal dari lulusan sarjana muda dari latar belakang pendidikan Teknik dan Manajemen.

Sejak tahun 1981 progam pendidikan di Politeknik STMI diubah menjadi Progam Diploma yang ditetapkan dengan Surat Keputusan Bersama (SKB) antara Menteri Perindustrian Nomor : 237/M/SK/VI/1981 dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor : 0184/O/1981, tertanggal 6 Juni 1981. Sejak saat itu Politeknik STMI menyelenggarakan pendidikan Progam Studi Diploma IV memiliki tiga jurusan, yaitu:

1.     Teknik dan Manajemen Industri

2.     Teknik dan Manajemen Informatika

3.     Teknik Kimia Industri

Kemudian pada tahun 2007 jurusan di Politeknik STMI berubah dan bertambah menjadi:

1.     Teknik dan Manajemen Industri

2.     Sistem Informasi Industri

3.     Teknik Kimia Industri

4.     Manajemen Bisnis Industri

 

Berita UKM

Berita Kampus

Kalender Akademik

Pamflet Event Kampus

  • Pemilihan Presma Wapresma 2015
Scroll