About Us

INFO

Teknik Industri Otomotif

  • Ditulis oleh Web Master
  • 2 Dec 2013 - 22:11 WIB

Profil Program Studi Teknik Industri Otomotif d.h Teknik Manajemen Industri

 

Program studi Teknik dan Manajemen Industri merupakan program studi yang diselenggarakan sejak perguruan tinggi ini didirikan pada tanggal 22 September 1968 berdasarkan SK Menteri Perindustrian Dasar, Ringan dan Tenaga Nomor 305/M/IV/1968 tanggal 11 April 1968 tentang Pembentukan Tim Persiapan untuk Pendirian Perguruan Tinggi Manajemen Industri dan ditindaklanjuti dengan SK Kepala Lembaga Penelitian dan Pendidikan Industri Departemen Perindustrian Nomor 446/SK/LEMB/12/1968 tanggal 31 Desember 1968 dengan program studi sarjana lengkap manajemen industri (Master of Science in Industrial Management) dan berfungsi sebagai pendidikan lanjutan untuk lulusan akademi setingkat Bachelor di lingkungan Departemen Perindustrian.

 

Berdasarkan Surat Keputusan Bersama Menteri Perindustrian dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 273/M/SK/VI/1981 yang bertanggal 6 Juni  1981, perguruan tinggi manajemen industri diubah menjadi Politeknik STMI dengan program studi Diploma IV di bidang Teknik dan Manajemen Industri yang dalam penyelenggaraannya ditetapkan Institut Teknologi Bandung (ITB) sebagai perguruan tinggi pembina. Kurikulum program studi Teknik dan Manajemen Industri disusun oleh konsorsium teknologi berdasarkan surat dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 147/D2/1982 tanggal 18 Maret 1982.

 

Dalam perkembangan selanjutnya tepatnya tahun akademik 1994/1995 sampai dengan 1998/1999 dilakukan pengembangan dan penyesuaian kurikulum menjadi kurikulum untuk studi setingkat sarjana dengan nama program studi Teknik Industri berdasarkan Surat Ijin Penyelenggaraan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Mulai tahun 1999 program studi ini disesuaikan kembali menjadi program profesi dengan jenjang Diploma IV sebagaimana surat Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 886/D/T/2000 tanggal 17 April 2000.

 

Visi Program Studi

Menjadi program studi teknik industri otomotif yang terunggul dan terdepan serta pelopor untuk pemenuhan kebutuhan tenaga kerja disektor industri otomotif baik secara nasional maupun regional pada tahun 2020.

 

Misi Program Studi

Misi program studi teknik dan manajemen industri adalah:

  1. Menghasilkan lulusan sarjana terapan teknik industri otomotif yang sesuai dengan kebutuhan industri yang mampu bersaing di tingkat nasional dan regional.
  2. Memfasilitasi penelitian terapan untuk meningkatkan kualitas tenaga pendidik dan mahasiswa yang bisa diaplikasikan bagi masyarakat pada umumnya dan dunia industri pada khususnya yang mempunyai kontribusi terhadap pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  3. Berperan secara aktif dalam program perguruan tinggi melalui pengabdian kepada masyarakat berdasarkan hasil penelitian ataupun pengembangan ilmu pengetahuan teknik industri otomotif.

 

Sasaran Program Studi

Sasaran program studi Teknik dan Manajemen Industri :

Menghasilkan lulusan yang handal dalam bidang perencanaan dan pengendalian produksi, mutu, serta sistem informasi manajemen.

 

Tujuan Program Studi

Tujuan yang akan dicapai oleh program studi teknik dan manajemen industri adalah:

  1. Meningkatkan kemampuan  mahasiswa  program studi teknik dan manajemen industri, agar dapat tercipta sumber daya manusia yang berkualitas dan dapat dipertanggungjawabkan.
  2. Menghasilkan lulusan  yang  profesional   untuk pengembangan  kompetensi  program studi teknik dan manajemen industri yang mampu menghadapi lingkungan bisnis yang kompleks.
  3. Meningkatkan  kualitas, keunggulan, dan daya saing program studi teknik dan manajemen industri  dalam proses perubahan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  4. Menghasilkan lulusan yang mampu menjalankan kegiatan dalam bidang keilmuan teknik dan manajemen industri yang siap pakai untuk kebutuhan pasar industri. 
  5. Memberdayakan kemampuan lulusan untuk menumbuhkan, mengembangkan, dan menstabilkan produktivitas penyelenggaraan industri secara nasional maupun regional.

 

Berita UKM

Berita Kampus

Kalender Akademik

Pamflet Event Kampus

  • Pemilihan Presma Wapresma 2015
Scroll