About Us

INFO

Administrasi Bisnis Otomotif

  • Ditulis oleh Web Master
  • 2 Dec 2013 - 22:15 WIB

Profil Program Studi Admininstrasi Bisnis Otomotif

Program Studi Administrasi Bisnis Otomotif (ABO) pada awalnya bernama Program Studi Manajemen Bisnis Industri (MBI) yang sudah berdiri sejak tahun 2007. Berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No: 499/E/O/2014 Tanggal 13 Oktober 2014 tentang Ijin Penyelenggaraan Program-Program Studi Diploma Empat Dalam Rangka Perubahan Bentuk Sekolah Tinggi Manajemen Industri (STMI) Menjadi Politeknik STMI Jakarta, maka sejak tahun 2015 nama Program Studi Manajemen Bisnis Industri (MBI) pun berubah menjadi Administrasi Bisnis Otomotif (ABO). Nomenklatur Program Studi ABO sudah tercantum di dalam rumpun ilmu pengetahuan dan teknologi serta gelar lulusan perguruan tinggi berdasarkan Surat Edaran Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor: 0404/E3.2/2015.

Sesuai dengan UU No. 3 Tahun 2012 tentang Perindustrian pasal 16 ayat 4, Program Studi ABO turut berperan serta dalam mencetak dan menyediakan tenaga kerja industri dan wirausaha industri di sektor otomotif khususnya dan dunia bisnis pada umumnya, baik yang berskala nasional, regional, maupun internasional. Untuk mewujudkan hal tersebut, Program Studi ABO telah merancang kurikulum berbasis sistem ganda (dual system) dengan skema 5-2-1 yang fokus pada keahlian dalam merencanakan, mengorganisasikan, meng-implementasikan, dan mengendalikan proses bisnis pada level operasional dan manajerial di industri otomotif, khususnya pada bidang keuangan, pemasaran, operasional, dan sumber daya manusia.

 

Visi Program Studi Administrasi Bisnis Otomotif

Menjadi unit penyelenggara pendidikan vokasional terunggul dan terdepan serta pelopor pemenuhan kebutuhan tenaga kerja sektor industri baik kebutuhan nasional maupun regional

 

Misi Prodi ABO

  1. Menyelenggarakan proses pembelajaran yang berkualitas.
  2. Meningkatkan produktivitas tenaga pendidik di bidang Tridharma Perguruan Tinggi.
  3. Meningkatkan kualifikasi dan kompetensi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan.
  4. Mengembangkan kemitraan dengan berbagai pihak untuk penerapan dan pengembangan vokasional Administrasi Bisnis.

 

Tujuan Prodi ABO :

  1. Menghasilkan Sarjana Terapan Administrasi Bisnis Otomotif yang berjiwa wirausaha dan mampu menerapkan prinsip-prinsip manajemen untuk peningkatan kinerja di Industri Kecil dan Menengah.
  2. Menghasilkan karya ilmiah/penelitian dalam bidang admistrasi bisnis yang berfokus pada industri otomotif.
  3. Menghasilkan karya-karya inovatif yang berkontribusi pada dunia industri khususnya industri otomotif.
  4. Meningkatkan kompetensi dosen tetap dalam proses belajar mengajar serta dalam penguasaan dan pemahaman terhadap bidang kajian yang ditekuni
  5. Meningkatkan kompetensi tenaga kependidikan dalam proses layanan akademik.

 

Sasaran Prodi ABO

Sasaran jangka pendek :

  1. Nilai IPK ≥ 3.00 sebanyak minimum 75 persen dari lulusan.
  2. Persentase lulusan tepat waktu (masa studi 4 tahun) minimum 80 persen dari angkatan yang bersangkutan.
  3. Jumlah lulusan yang memiliki sertifikat kompetensi sesuai bidang keahlian program studi sebanyak 100% per tahun.
  4. Keikutsertaan dosen dalam pertemuan ilmiah yang sesuai dengan bidang program studi di tingkat nasional dan internasional minimum sekali dalam satu tahun.
  5. Keikutsertaan dalam seminar/pelatihan/workshop bagi dosen untuk meningkatkan kompetensi diri minimum sekali dalam satu tahun.

Sasaran jangka menengah :

  1. Jumlah karya ilmiah yang dipublikasikan di tingkat nasional terakreditasi dan internasional bereputasi sebanyak 10 persen.
  2. Jumlah karya pengabdian kepada masyarakat/industri yang tepat guna dan bermanfaat bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat dan perkembangan industri sebanyak 10 persen.
  3. Terjalinnya kerjasama publikasi ilmiah hasil penelitian kolaboratif antar dosen pada tingkat nasional.
  4. Terselenggaranya kerjasama dengan industri, asosiasi profesi, program studi sejenis, serta program pendidikan dan pelatihan di bidang administrasi bisnis di tingkat nasional.

Sasaran jangka panjang :

  1. Tercapainya akreditasi Program Studi ‘Unggul’ pada tingkat nasional.
  2. Tercapainya akreditasi internasional Program Studi.
  3. Terjalinnya kerjasama publikasi ilmiah hasil penelitian kolaboratif antar dosen pada tingkat regional maupun internasional.
  4. Terselenggaranya kerjasama dengan industri, asosiasi profesi, program studi sejenis, serta program pendidikan dan pelatihan di bidang administrasi bisnis di tingkat regional maupun internasional.

 

Profil Lulusan

Profesional di bidang administrasi bisnis yang dapat bekerja di sektor industri otomotif, sebagai:

  1. Eksekutif Pemasaran (Marketing executive)

Sarjana Terapan Administrasi Bisnis Otomotif yang mampu merencanakan, mengorganisasikan, mengimplementasikan, dan mengendalikan kegiatan pemasaran dan penjualan barang/jasa di industri.

  1. Eksekutif Keuangan (Finance executive)

Sarjana Terapan Administrasi Bisnis Otomotif yang mampu menyusun dan mengelola anggaran, mengontrol pengeluaran, dan memastikan efisiensi penggunaan sumber daya keuangan perusahaan.

  1. Eksekutif Sumber Daya Manusia (Human Resource executive)

Sarjana Terapan Administrasi Bisnis Otomotif yang mampu mengelola kebijakan tentang personalia dan hubungan industrial suatu organisasi, mulai dari pengadaan, pemeliharaan, hingga pengembangan karyawan.

  1. Wirausahawan (Entrepreneur)

Sarjana Terapan Administrasi Bisnis Otomotif yang mampu menciptakan dan mengembangkan bisnis baru secara kreatif dan inovatif dengan memanfaatkan IPTEK dan sumber daya perusahaan, kemampuan dalam mengelola fungsi-fungsi bisnis, serta pengambilan keputusan strategis untuk mencapai keuntungan dan pertumbuhan usaha.

  1. Konsultan bisnis (Business Consultant)

Sarjana Terapan Administrasi Bisnis Otomotif yang mampu memberikan nasihat dan solusi terhadap permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh industri.

Berita UKM

Berita Kampus

Kalender Akademik

Pamflet Event Kampus

  • Pelatihan ISO 14001 dan ISO 9001
Scroll