About Us

BERITA

Kunjungan SMK Futuhiyyah Mraggen Demak Ke Politeknik STMI Jakarta

  • Ditulis oleh Admin 2
  • 7 Mar 2024 - 19:29 WIB
  • Dilihat sebanyak 759 kali
Rincian Berita:

Jakarta, Politeknik STMI Jakarta menerima kunjungan dari SMK Futuhiyyah Mraggen Demak Rabu (7/3), peserta kunjungan terdiri dari 81 siswa, 3 Guru dan Wakil Kepala Sekolah.

Sekolah Menengah Kejuruan  Futuhiyyah Mranggen Demak yang sering dikenal dengan sebutan SMK Futuhiyyah ( SMKF ) Mranggen   adalah Lembaga  Pendidikan Teknik  Menengah Swasta  dibawah  Yayasan Pondok Pesantren Futuhiyyah,

SMK yang beralamat di  Jln Suburan Mranggen Kabupaten Demak, Telp.    ( 024 ) 70769019, Faximile ( 024 ) 6773287, E-Mail : smkf@futuhiyyah.net.   SMK   Futuhiyyah  berdiri pada tahun 1998 berdasarkan Rekomendasi Kantor Wilayah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Tengah  Nomor  : 0847 / 103.08 / MN / 98. 

Program yang dibuka adalah Teknologi dan Industri, jurusan Otomotif, Program Studi Mekanik Otomotif, dan Jurusan Elektronika, program studi Elektronika Komunikasi.  Menyesuaikan dengan  kurikulum Edisi 1999, pada tanggal 12 Oktober 2000, berdasarkan Surat Keputusan Kepala Dinas  Pendidikan dan Kebudayaan  Propinsi Jawa tengah  No. 486 / 103.08 / DIN / 2000, Program Teknologi Industri dikonversi menjadi Program Keahlian Teknik Mesin, Bidang Keahlian Teknik Otomotif, dan Program Keahlian Teknik Elektro menjadi  Bidang Keahlian Teknik Audio-Video.

Kunjungan SMK Futuhiyyah langsung disambut oleh Plt Direktur Politeknik STMI Jakarta Dr. Mustofa, ST, MT. Dalam sambutannnya Mustofa mengatakan “berharap agar lulusan dari SMK Futuhiyyah Mraggen Demak ada yg masuk Politeknik STMI Jakarta”.

“Biaya masuk Politeknik STMI Jakarta sangat terjangkau karena Politeknik STMI Jakarta merupakan perguruan tinggi Negeri di naungan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kementerian Perindustrian, dengan biaya Rp 4.500.000,- tanpa uang gedung dan biaya lainnya”, kata Plt Direktur.

Politeknik STMI Jakarta memiliki program studi dengan spesialisasi pada indsutri otomotif, di antaranya Teknik Industri Otomotif, Sistem Informasi Industri Otomotif, Administrasi Bisnis Otomotif, Teknik Kimia Polimer, dan Teknologi Rekayasa Otomotif.

Plt Direktur, Mustofa, menjelaskan bahwa Politeknik STMI Jakarta menyiapkan lulusan yang siap untuk bekerja di industri, Politeknik STMI Jakarta merupakan perguruan tinggi yang tidak besar tapi bukan berarti Politeknik STMI Jakarta terbatas sarana, karena Politeknik STMI Jakarta berbasis kurikulum Pendidikan Sistem Ganda (5-2-1). 5 semester di kampus, 2 semester di industri dan 1 semester melaksanakan proyek tugas akhir.

“Semoga dalam kunjungan ini siswa-siswa dari SMK Futuhiyyah Mraggen Demak  bisa berminat belajar di Politeknik STMI Jakarta, dan menjadi awal kolaborasi yg berkelanjutan antara Politeknik STMI Jakarta dengan SMK Futuhiyyah Mraggen Demak”, lanjut Mustofa.

Wakil Kepala Sekolah dari SMK Futuhiyyah Mraggen Demak, menjelaskan “Tujuan pertama kami mengadakan kunjungan untuk mengunjungi PT Laksana di ungaran Semarang, yang ternyata banyak lulusan dari Politeknik STMI Jakarta yang berkerja dan melaksanakan Praktik Kerja Industri (Prakerin), maka dari itu kami langsung melakukan kunjungan ke Politeknik STMI Jakarta”.

Dalam kunjungan tersebut siswa-siswa dari SMK Futuhiyyah Mraggen Demak juga di jelaskan tentang tata cara Penerimaan Mahasiswa Baru melalui Jarvis.

Jarvis adalah akronim dari Jalur Penerimaan Vokasi Industri dimana merupakan sistem penerimaan mahasiswa baru yang ada di Kampus/Perguruan Tinggi dibawah Kementerian Perindustrian. Terdapat 3 (tiga) Jalur Jarvis tiap tahunnya, yaitu : Jarvis Prestasi, Jarvis Bersama dan Jarvis Mandiri.

Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru, menjelaskan, “Jarvis Prestasi STMI merupakan jalur Penerimaan Mahasiswa Baru tanpa melalui tes tulis, dimana dalam proses seleksinya menggunakan nilai rapor dan wawancara (dalam menggali potensi, minat dan bakat calon Mahasiswa baru), Jarvis bersama yang pelaksanaannya diselenggarakan secara serentak oleh BPSDMI Kementerian Perindustrian RI (Mei – Juni), Jarvis mandiri yang dilaksanakan yang terdiri dari Jarvis Mandiri Reguler dan Jarvis Mandiri UTBK (sertifikat hasil UTBK).

Jadwal pelaksanaan Jarvis Politeknik STMI Jakarta Tahun 2024/2025, JARVIS Prestasi (Nilai Raport, Prestasi Sebagai Nilai Tambah) Pendaftaran  dibuka dari 08 Januari sampai 26 Maret 2024 dan seleksi wawacara pada 31 Maret 2024, Jarvis bersama yang pelaksanaannya diselenggarakan secara serentak oleh BPSDMI Kementerian Perindustrian RI (Mei – Juni).

Jarvis Mandiri Reguler I pendaftaran 8 Januari – 26 Maret 2024, seleksi tulis 30 April 2024, dan seleksi wawancara 04 - 05 Mei 2024. Jarvis Mandiri UTBK (sertifikat hasil UTBK) Pendaftaran 13 Juni – 17 Juli 2024 dan seleksi wawancara 20 Juli 2024. Jarvis Mandiri Reguler II pendaftaran 13 Juni – 02 Agustus 2024 Seleksi Tulis 06 Agustus 2024 dan seleksi wawancara 10 - 11 Agustus 2024.

Lampiran Berita:
maaf, lampiran tidak tersedia

Komentar

comments powered by Disqus

Berita UKM

Berita Kampus

Kalender Akademik

Pamflet Event Kampus

  • Pelatihan ISO 14001 dan ISO 9001
Scroll